:

Taberpin.blogspot.com

Welcome To My Blog !!!

29 Agu 2012

Trik Menjadi Pedagang Sukses !

Anda ingin menjadi Seorang Pedagang yang sukses ? Tunggu apa lagi !!! Segera cari tahu trik-trik menjadi pedagang sukses! Untuk menjadi seorang pedagang yang sukses diperlukan yang namanya seni menjual. Dalam hal ini penjual harus memperkecil kekurangan barang dagangan dan sebaliknya menunjukkan kelebihan yang terdapat dalam barang dagangannya guna meyakinkan calon pembeli.

Nah, kali ini saya perkenalkan salah satu teori menjual yaitu teori AIDAS. Apa itu AIDAS ?

Teori AIDAS adalah teori dasar yang menerangkan secara rinci mengenai tahapan-tahapan yang harus dilalui seorang penjual di dalam kegiatan penjualan. Berikut tahapan-tahapannya :

1. Attention (Perhatian)
Dalam tahap ini, penjual harus berusaha agar calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan penjual. Lalu bagaimana caranya ? Lakukan berbagai macam kegiatan promosi seperti; Advertensi, Personal Selling, Sales Promotion, dan Publicity. Silahkan baca Macam-macam Bentuk Promosi.
2. Interest (Minat)
Setelah mendapat perhatian, penjual harus mengubah perhatian calon pembeli menjadi minat yang semakin kuat.
3. Desire (Keinginan)
Dalam tahap ini, penjual harus bisa meningkatkan keinginan pembeli untuk membeli barang dagangannya dengan meyakinkan pembeli mengenai keuntungan yang didapat jika membeli barang dagangannya serta kerugian yang dialami jika tidak membeli barang tersebut.
4. Action (Tindakan)
Setelah Pembeli berminat untuk membeli, penjual harus bisa meyakinkan kembali bahwa keputusan untuk membeli barang tersebut merupakan keputusan yang tepat.
5.Satisfaction (Kepuasan)
Nah, pada tahap ini penjual harus memastikan bahwa kualitas produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dijelaskan. Dan harga yag ditetapkanpun harga yang pantas, sehingga pembeli merasa puas dan selanjutnya  menjadi langganan, deh.

Teori AIDAS ini baik diterapkan bagi Anda yang baru memulai sebuah usaha dagang atau Anda yang sudah memiliki usaha besar bahkan memiliki cabang di mana-mana. Semoga bermanfaat !! :)

Tidak ada komentar: